Penyakit Batu Ginjal Berbahaya? Simak Artikel Ini Agar Mengetahui Cara Mencegah, Mengobati, Serta Penyebab Dan Gejala Penyakit Ini

Berita Harian Kesehatan Terbaru Hari IniPenyakit Batu Ginjal Berbahaya? Simak Artikel Ini Agar Mengetahui Cara Menghindari, Mengobati, Serta Penyebab Dan Gejala Penyakit Ini. Urine mengandung banyak mineral dan garam terlarut. Ketika urin memiliki kadar mineral dan garam yang tinggi, dapat membentuk batu. Batu ginjal bisa dimulai dari yang kecil tetapi bisa tumbuh lebih besar, bahkan mengisi struktur berongga bagian dalam ginjal.

Kadang-kadang, batu ginjal dapat berjalan ke bawah ureter, tabung antara ginjal dan kandung kemih. Jika batu mencapai kandung kemih, dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Agar bisa terhindar atau sembuh dari batu ginjal biasanya dibutuhkan slot deposit dana terpercaya.

Nyeri di punggung atau samping, darah dalam urin dan mual/muntah di samping rasa sakit adalah gejala batu atau batu ginjal. Sebagian besar batu ginjal berukuran kira-kira sebesar kacang buncis, tetapi bisa juga sekecil sebutir pasir dan sebesar bola golf. Batu kecil dapat melewati saluran kemih, tetapi mungkin memerlukan pembedahan untuk batu yang lebih besar.

Penjelasan

Batu di ginjal adalah massa padat atau kristal berbentuk tidak beraturan yang bisa sekecil sebutir pasir hingga seukuran bola golf. Tergantung pada ukuran batu ginjal, sebagian besar mungkin tidak menyadari bahwa memilikinya. Bahkan batu kecil dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa saat keluar dari tubuh melalui saluran kemih. Minum cairan dapat membantu prosesnya situs slot deposit via dana, yang bisa memakan waktu hingga tiga minggu.

Batu ginjal yang besar bisa terperangkap di ureter (tabung yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih). Ketika ini terjadi, batu dapat menyebabkan pendarahan dan mencegah urin keluar dari tubuh. Dan mungkin memerlukan pembedahan atau oprasi untuk batu yang tidak dapat keluar dengan sendirinya. Para peneliti telah menyimpulkan bahwa sekitar satu dari sepuluh orang akan mendapatkan batu ginjal selama hidup mereka.

Penyebab penyakit batu ginjal

Orang yang berusia 30-an dan 40-an paling mungkin terkena batu ginjal. Namun, siapa pun bisa terkena batu ginjal. Ada juga beberapa faktor seperti dibawah ini :

Kondisi medis tertentu juga dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal :